Deteksi Gempa Dengan Mozila








Deteksi Gempa dengan plugin Mozila Firefox ternyata cukup mudah, sederhana dan lebih berasa......Plugin tambahan dari Mozila  ini diberi nama Equake Alert. Aplikasi sederhana ini mampu mendeteksi gempa secara otomatis di seluruh belahan dunia. Tidak hanya itu saja aplikasi ini juga mendeteksi kekuatan, letak dan negara yang mengalami gempa di setiap harinya. Luar biasa ya....
Tapi ada yang tak kalah serunya dan sobat - sobat harus membuktikannya sendiri ke unikan dari aplikasi ini.Selain itu sepertinya ini penting untuk berjaga - jaga dan mewaspadai terjadinya gempa. siapa tahu gempa terjadi di sekitar kita seperti yang kita tahu bahwa negara Indonesia adalah negara rawan terjadi Gempa.


Seperti yang saya tuliskan di atas, (Lebih berasa....) karna pada saat aplikasi ini mendeteksi terjadinya gempa layar monitor Mozila sobat akan bergetar dengan sendirinya, bergetar apa goyang y? yah pokoknya seperti itulah hehe....dengan cara itulah aplikasi ini memberitahukan adanya gempa kepada kita. dan kita bisa langsung mengetahui letak dan kekuatan gempa dengan data yang disajikannya. oh iya saya lupa plugin Mozila pendeteksi gempa ini saya dapatkan dari sahabat saya Hapia Mesir dan Elfaridi (asalamualaikum sobat, sukses buat kita semua....thanks infonya ^_~)

Ok lah kalo begitu kita langsung ke TKP saja. buat sobat yang ingin mencobanya caranya cukup sederhana dengan syarat sobat menggunakan Mozila sebagai media browsernya.
Lokasi gempanya di sini, ehhh....lokasi web maksdunya....Equake Alert 3.5.0 screen shot nya di bawah ini


Lanjutkan dengan klik add to firefox dan selanjutnya sobat diperintahkan untuk melakukan penginstalan aplikasi ini.



Setelah proses installasi selesai lakukanlah restart halaman Mozila, tunggu beberapa detik saja selanjutnya Mozila akan mengembalikan halaman anda seperti semula.
Sekarang lihat di Tool bar sebelah kanan bawah sobat akan muncul sebuah sheet, dimana di sheet inilah mozila akan memberitahukan data - data terjadinya gempa kepada kita.


Klik kanan pada sheet data untuk melihat terjadinya gempa di negara - negara lainnya.
Selamat bergetar semoga bermanfaat.....


19 komentar