Jurus Ampuh Mempercepat Loading Blog

Jurus Ampuh Mempercepat Loading Blog ini merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan halaman blog kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading blog dengan berbagai tips dan trik yang telah dibahas oleh sahabat blogger. Dengan mempercepat daya loading blog ini akan memberi keuntungan buat kita pribadi terlebih lagi terhadap para pengujung tentunya,
bayangkan saja bila kita memiliki kapasitas loading blog kita terlalu lama dengan sendirinya pengunjung akan merasa bosan dan tak jarang untuk mengurungkan niatnya untuk mengunjungi blog kita.

Atas dasar tersebut disini saya ingin memberikan sedikit referensi mengenai jurus ampuh mempercepat loading blog yang mungkin patut untuk sobat coba. Hal ini sudah saya coba dan terapkan sendiri pada Bunglon Blog Indonesia dan hasilnya sungguh luar biasa, saya berhasil mengurangi kapasitas berat blog ini yang semula berkisar 120 KB menjadi 80 KB, cukup signifikan bukan? Metode yang digukanan dalam jurus ampuh mempercepat loading blog ini cukup sederhana hanya dengan menyembunyikan beberapa widget dari halaman utama atau Home Page tanpa harus menghapusnya. Widget - widget yang kita sembunyikan ini akan muncul kembali ketika kita dalam berada dalam halaman indeks.Jika sobat perhatikan, di Bunglon Blog Indonesia ini pada halaman utama (HomePage) ada beberapa widget yang sengaja saya sembunyikan, sobat bisa perhatikan di bagian footer dan sidebar sebelah kanan.

Jika sobat ingin mencoba jurus ampuh mempercepat loading blog seperti yang saya gunakan ini, caranya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan ukur terlebih dahulu kapsitas berat blog sobat dengan menggunakan WEBSITE SPEED TEST agar lebih mudah mengamati perubahannya.
  • Pilih Widget mana yang ingin sobat sembunyikan dari halaman utama (HomePage). saran saya pilih widget yang kira - kira mempunyai peran pelengkap atau widget yang memuat aksesoris blog yang tidak begitu penting.
  •  Cari kode - kode  widget yang ingin sobat sembunyikan melalui menu Dasbor, Tata Letak, Edit HTML, kemudian beri tanda ceklist pada Expand Templates Widget. 
  • Sebagai contoh jika saya ingin menyembunyikan widget Alexa Rank  maka kode widgetnya adalah seperti ini. 
  • <b:widget id='HTML44' locked='false' title='Alexa Rank' type='HTML'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
    <!-- only display title if it's non-empty -->
    <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
    </b:if>
    <div class='widget-content'>
    <data:content/>
    </div>
    <b:include name='quickedit'/>
    </b:if>
    </b:includable>
    </b:widget>
  • Perhatikan kode yang saya beri warna Biru dan dicetak Tebal adalah kode yang harus sobat tambahkan pada setiap kode widget yang ingin disembunyikan. Disini sobat hanya perlu sedikti jeli mencari kode - kode HTML widget yang ingin disembunyikan.
  • Lakukan Pratinjau terlebih dahulu untuk memastikan bahwa widget yang ingin disembunyikan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Simpan dan lakukan pengukuran kembali terhadap kapasitas berat dan loading blog dengan menggunakan WEBSITE SPEED TEST untuk melihat perubahannya.
Ahah seperti biasa Bunglon Blog Indonesia dapat award kembali dari seorang sahabat Bunglon yang cantik, secantik awardnya dialah Elok Langita dan sebagai ucapan terimakasih saya award ini akan saya bagikan kepada beberapa sahabat bunglon blog indonesia semoga semakin mempererat silaturahmi sesama blogger. Semoga berkenan untuk menerimanya.



Itulah award cantiknya dan untuk artikel Jurus Ampuh Mempercepat Loading Blog silahkan dicoba semoga bermanfaat. jika ada kekeliruan mohon dikoreksi. Terimakasih
Sukses Buat Kita Semua!


<data:blog.pageName/>Jurus Ampuh Mempercepat Loading Blog<data:blog.title/>





87 komentar