Memanfaatkan Fasilitas iGoogle

iGoogle adalah salah satu dari sekian banyak fasilitas yang telah disediakan oleh google search engine. Memanfaatkan Fasilitas iGoogle untuk mengelola blog ini merupakan salah satu keuntungan yang bisa kita peroleh untuk memperluas jaringan blog kita.
Berbagai product dari google seperti Google reader, Bookmark, FeedBurner,  Google Friend Conect, Google Talk, Site, Alert dan masih banyak yang lainnya memberikan berbagai kemudahan untuk menfasilitasi aktivitas kita di dunia maya.

Untuk kali ini saya ingin sedikit memberi referensi tentang memanfaatkan fasilitas iGoogle untuk mengelola halaman blog kita. Di iGoogle kita akan mendapatkan sebuah halaman yang memuat berbagai jenis gadget atau stuff untuk menampilkan berbagai macam fasilitas yang akan kita gunakan.  Sebagai referensi berikut screenshot iGoogle saya.


Disana saya menggunakan Template 3 kolom dengan memasukan beberapa gadget/stuff  untuk memuat arsip blog, label, dan banner. Theme atau tema  yang disediakan cukup banyak akan membantu mempercantik halaman iGoogle kita dengan metode penggunaanya yang sangat sederhana. Untuk memanfaatkan fasilitas iGoogle ini caranya cukup sederhana.
  • Silahkan Login dengan akun google sobat untuk mengakses halaman iGoogle dan selanjutnya sobat kan langsung dibawa kehalaman iGoogle.
  • Silahkan lakukan setting pada halaman iGoogle sobat dengan memilih kategori gadget yang akan ditampilkan. Biasanya pada halaman awal iGoogle sudah dilengkapi beberapa jenis gadget seperti kalender, jam, map, Gmail dan beberapa gadget lain. Sobat bisa dengan gampang memindahkan atau menhapus gadget yang tidak ingin ditampilkan di halaman iGoogle.
  • Untuk menambah Gadget ke halaman iGoogle silahkan cari melalui menu Add Stuff atau Tambahkan Unsur (jika sobat menggunakan bahasa indonesia) yang berada pada sebelah kanan atas halaman iGoogle,  selanjutnya ketikan nama gadget yang sobat cari di kotak Search For Gadget /Telusuri Gadget untuk memudahkan pencarian. Sebagai contoh ketikan HTML/javascript untuk memasang banner blog sobat ke halaman iGoogle selanjutnya tinggal klik tombol Add it Now/Tambahkan Sekarang. secara otomatis gadget akan masuk ke halaman iGoogle.
  • Untuk menambahkan Rss feed blog kehalaman iGoogle sobat bisa memasukannya melalui menu Add Stuff/Tambahkan Unsur, kemudian masukan alamat Rss Feed sobat melaui menu Add Feed or Gadget yang berada di sebelah kiri bawah, akhiri dengan mengklik tombol ADD.
Masih banyak gadget - gadget menarik lain yang patut sobat coba untuk mempercantik halaman iGoogle, bisa dengan mengganti tampilan Theme iGoogle  dan lain - lain kesemuanya bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana.
Selanjutnya seperti biasa saya ingin memajang award yang saya terima dari sahabat SC Comunity, terimakasih atas awardnya semoga mempererat silaturahmi sesama blogger. Dan seperti biasanya pula saya ingin membagikan award ini kepada  siapa saja yang berkenan untuk meneruskan dan berkenan membagikan award persahabatan ini kepada blogger lain. Silahkan di ambil tanpa mengurangi rasa terimakasih saya kepada seluruh sahabat Bunglon Blog Indonesia yang selama ini memberi dan menjadi motivasi buat bog ini.

    Semoga sahabat blogger berkenan untuk meneruskan award persahabatan ini kepada sahabat blogger lain untuk mempererat silaturahmi sesama blogger.
    Sekiranya cukup untuk award dan artikel tentang Memanfaatkan Fasilitas iGoogle, semoga bermanfaat. Terimakasih, Sukses buat Kita Semua!


    <data:blog.pageName/>Memanfaatkan Fasilitas iGoogle<data:blog.title/>






    61 komentar