Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J - PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan produk Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J demi mewujudkan impian konsumen sepeda motor Indonesia untuk memiliki Motor matic berteknologi injeksi yang irit bahan bakar dengan harga murah (ekonomis). Gebrakan Yamaha di tahun 2012 ini semakin kencang melalui produk – produk skutik teranyar. Setelah Mio Fino ”Fashionable Matic” Yamaha secara resmi meluncurkan Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J dengan karakter Semakin Cepat Semakin Irit… It’s Magic.

Yamaha Mio J sebagai pelopor Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah merupakan inovasi motor matic terkini yang menyatukan ketangguhan mesin juara Yamaha, DiASil Cylinder & Forged Piston. Penyatuan mesin juara Yamaha dan teknologi mutakhir Fuel Injection YMJET-FI melahirkan motor matic performa tinggi secepat jet dengan kelincahan sesuai reputasi Mio.

Teknologi Fuel Injection (FI) Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di Juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).

Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

Lebih sempurnanya lagi, mesin injeksi Yamaha pada V-Ixion dapat diterapkan dalam balapan seperti yang dilakukan pada Yamaha Riding Academy (YRA). Vixion mudah diseting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) untuk mendapatkan power menjadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian muffler (knalpot) yang berkarakter racing (balap). Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha.

Yamaha sendiri menargetkan semua motor produksinya disempurnakan dengan teknologi Fuel Injection. Menuju ke arah sana, Yamaha telah mempersiapkan diri dengan memperkuat barisan mekanik yang telah dilatih dan mendapatkan pengetahuan tentang FI sehingga dapat menangani produk FI dengan baik di dealer maupun bengkel-bengkel Yamaha. ”Sejak 2007 Yamaha telah merancang FI dan saat ini how to maintance dan meningkatkan value-nya agar lebih baik dan meng-Indonesia. Yamaha sudah sangat siap untuk era mesin injeksi dengan dukungan penuh dari para mekanik yang telah dipersiapkan lama dan dibekali pengetahuan tentang FI,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Fitur-fitur yang dimiliki Yamaha Mio J sangat berkualitas dan menambah kenyamanan konsumen dalam berkendara. Tempat duduk yang luas dan lebih panjang, lampu sein depan yang mengkilat tajam seperti pandangan mata, speedometer baru dan bagasi luas. Warna-warna Mio J semakin memanjakan konsumen dengan lima warna. Putih yang mengikuti tren warna terkini di dunia otomotif, hitam, biru dan merah. (Yamaha News).

Yamaha Mio J yang merupakan skutik perdana Yamaha dengan teknologi FI ini membuat pasar otomotif roda dua Indonesia semakin berwarna. Yamaha Mio J diluncurkan dengan 3 varian yaitu :
1. Yamaha Mio J Case Wheel (velg racing).
2. Yamaha Mio J Teen (velg racing).
3. Yamaha Mio J Spoke (velg jari-jari)

Mio J memiliki kapasitas tanki bahan bakar sebesar 4,8 liter sehingga mampu menyimpan bahan bakar lebih banyak. Tipe mesin menggunakan 4 langkah, 2 Valve SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.. Untuk sistem pengapian adalah TCI (Transistor Control Ignition). Untuk spesifikasi lebih lengkap anda bisa langsung mengunjungi website resmi Yamaha.

Sejak pertama kali launching di BANDUNG pada tanggal 25 - 26 Februari 2012 di Lapangan Gasibu , Yamaha berhasil menarik perhatian ribuan pengunjung Melalui  program trade in semua jenis dan varian motor, Sama seperti saat launching Mio Fino, Yamaha juga mengadakan trade in dengan memilih 5 konsumen loyal berdasarkan nama atau alamat (pembelian periode 2004-2012) untuk menukarkan motor lamanya dengan Mio Fino. Adapun syarat 5 konsumen yang terpilih adalah pemilik motor Yamaha terbanyak (berdasarkan data dan kroscek kebenaran fisik), motor yang ditukar yaitu Mio Series (CW/Spoke) dan sudah selesai proses kredit (lunas) dan konsumen yang diprioritaskan adalah sesuai karakter Mio Fino yaitu wanita, muda, aktif dan fashionable. Sekitar 25 ribu pengunjung memadati Lapangan Gasibu tempat puncak launching Yamaha Mio J digelar dengan kegiatan-kegiatan lainnya selama dua hari, Sabtu dan Minggu (25 - 26 Februari 2012).

Strategi trade in bermanfaat positif untuk lebih memperkenalkan Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah - Yamaha Mio J dan Mio Fino dan konsumen pun memiliki produk baru. ”Selama dua hari dalam rangkaian launching ini Yamaha menjual 65 unit motor dimana 54 unit diantaranya adalah Mio J. Mio J Teen paling laku keras, ada 30 unit yang terjual. Sedangkan untuk trade in, ada puluhan motor dalam program tukar tambah itu. Syaratnya dilihat dari kondisi motor dan kelengkapan surat. Yamaha memberlakukan angsuran minimal 300 ribu rupiah dengan minimal uang muka 6 juta rupiah untuk program itu,” papar Ade Dimyati dari area promosi Yamaha DDS Bandung.

Acara launching Yamaha Mio J diwarnai dengan lasser show yang ditampilkan bersama teatrikal oleh seorang lasser man. Lasser man itu tampil dipanggung bersama dua wanita yang mengenakan wardrobe harajuku style. Motor Mio J Family dan Teen ikut muncul di atas panggung bersama tallent pria dan wanita yang berkostum sesuai karakter Mio J. Firework (kembang api) di Lapangan Gasibu menjadi penutup seru prosesi launching akbar ini.

Konsep keseluruhan event launching itu sendiri khususnya menyajikan aktivitas - aktivitas anak - anak muda dan keluarga pada umumnya, disuguhkan Yamaha di Sabtu dan Minggu (25 dan 26 Februari 2012). Nuansa K-Pop dan J-Pop yang tengah tren, kental membungkus event ini. Festival budaya Jepang oleh Universitas PendidikanIndonesia (UPI), Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) dan Kelompok Pecinta Budaya Jepang (KPBJ) ; clothing distro harajuku; make overstyle Jepang; performa tarian dan musik Jepang dengan wardrobe tradisional Jepang.

Flash mob Mio J di tengah - tengah venue juga mengundang pengunjung untuk bergabung. BMX performance, trial bicycle, sky jumper, euro bungee trampoline, beauty cosplay, wall photo corner, kompetisi cover dance, kompetisi B-Boy, kontes fotografi, kompetisi aerobik, lomba menggambar dan mewarnai serta gathering Mio Club motor mengisi rangkaian acara launching Mio J. Bintang utama J-Rock dan sejumlah band lokal tampil mengihubur pengunjung. Pengunjung event juga dirangkul untuk langsung merasakan keunggulan Mio J. Mereka bisa melakukan test ride di area tengah Lapangan Gasibu.

Sukses menggelar launching perdana Mio Fino dan Mio J secara resmi di Bandung, Yamaha masih gencar meluncurkan skutik-skuit teranyarnya itu di daerah-daerah. Seperti di area Sumatera yang mencakup Jambi dan Medan. Mio J resmi diluncurkan di GOR Kota Baru, Jambi, Minggu (4 Maret) dan Mio Fino di Medan, Sabtu (3 Maret). Di bulan Februari ini, Jambi sukses menjual 1.096 unit Mio J dan di Jambi 815 unit Mio J. Sambutan positif masyarakat setempat membantu larisnya penjualan dua skutik itu.

Dua skutik teranyar Yamaha, Mio J dan Mio Fino, mendulang sukses penjualan di bulan Februari 2012. Target penjualan keduanya tercapai di pasar otomotif roda dua Indonesia. Yamaha Mio J sebagai Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah bahkan melebihi target penjualan 25 ribu unit per bulan. Berdasarkan data AISI (Asosisasi Sepeda motor Indonesia), skutik berteknologi Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection (YMJET-FI) itu terjual 29.356 unit. Sedangkan Mio Fino “Fashionable Matic” terjual 19.883 unit, mendekati target penjualannya 20 ribu unit per bulan. ”Pencapaian ini menunjukkan Mio J dan Mio Fino diterima dengan sangat baik oleh pasar Indonesia. Dengan berbagai keunggulan keduanya, kami harapkan memperkuat market share Yamaha dan menjadi nomor satu di kategori skutik yang saat ini paling diminati konsumen Indonesia,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Kehadiran Yamaha Mio J dan Mio Fino juga melesatkan total penjualan skutik Yamaha, naik 50 persen di bulan Februari 2012 dibandingkan Januari 2012. Dengan jumlah penjualan Mio J dan Mio Fino, ditambah penjualan Mio lama 43.607 unit yang masih menjadi penyumbang terbanyak di kategori skutik, Soul 17.635 unit dan Xeon 20.139 unit, total kategori skutik Yamaha di bulan Februari 2012 mencapai 130.800 unit. Jumlah itu naik setengahnya dari total penjualan skutik di Januari 2012 sebanyak 87.062 unit. (Yamaha News)

Belum lama diluncurkan, Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J sudah masuk ke lingkungan sekolah. Kali ini Yamaha bekerjasama dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menjadi sponsorship pemilihan guru terbaik SMK Kemala Bhayangkari 1, Cipinang, Jakarta Timur. Untuk pertama kalinya diadakan event apresiasi terhadap guru sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari itu dengan memberikan unit motor Yamaha. Yamaha memberikan tiga unit Mio J secara simbolis di SMK Kemala Bhayangkari, Selasa (6 Maret). ”Melalui event ini, Yamaha juga ingin memberikan penghargaan kepada para guru yang telah mendedikasikan dirinya untuk mencerdaskan anak bangsa.

Diharapkan dengan apresiasi ini, mereka lebih bersemangat lagi dalam menjalankan tugasnya. Yamaha Mio J pun dapat menjadi sarana transportasi tepat sekaligus bisa merasakan keunggulannya khususnya irit dan cepat,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia. Lewat voting para siswa, terpilih tiga guru favorit yang beruntung mendapatkan Mio J. Sudarmono, staf pengajar Teknik Mesin ; Suratman (Pendidikan Kewarganegaraan) dan Harni Siswati (Kimia), tak terhingga bahagianya saat disebutkan namanya berhak membawa pulang Yamah Mio J Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah. (Yamaha News).

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J. Sesuai dengan tagline-nya Semakin Cepat Semakin Irit.... "It's Magic" keunikan Yamaha Mio J yang didesain menawan dengan berbagai keunggulan lain yang dimilikinya mampu menghipnotis para pecinta motor matic di  Indonesia. Nama "Mio J" diambil dari teknologi FI Yamaha yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang mengandung makna  sangat dalam dan menjadi kesempurnaan Mio J dengan teknologi mutakhir Yamaha yang dapat meningkatkan performa mesin dan hemat bahan bakar sampai 30 persen. Ini pulalah yang menjadi alasan mengapa Mio J disebut "It’s Magic".

Kata kunci lainnya untuk Mio J adalah friendly (bersahabat), yang artinya Yamaha Mio J mudah digunakan baik oleh pria maupun wanita dari segala usia, anak-anak sampai dewasa. Desainnya pun friendly, cocok untuk siapa saja karena tidak terlalu macho atau condong ke anak-anak muda. Yamaha Mio J mudah digunakan dan ketinggian jok rendah sehingga bisa mengakomodir siapa saja. Sudah menggunakan teknologi injeksi jadi tidak perlu membersihkan karburator, servisnya cepat karena akinya kering jadi tidak perlu dicek setiap minggu. Bagasi Mio J luasnya 8 liter sehingga bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil.

Desain Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J secara keseluruhan pun tergolong menarik. Update sesuai zaman untuk menyesuaikan dengan konsumen yang sudah cerdas dalam memilih motor. Desain Yamaha Mio J mengambil aliran garis yang tidak terputus dari bodi depan ke bodi belakang sehingga menciptakan kesan harmonis, Sporty, canggih dan dinamis. Permukaan bodinya tidak datar tapi memiliki sentuhan lekukan-lekukan yang menimbulkan efek bayangan bernuansa elegan dan berkualitas tinggi. Titik-titik yang menonjol pada Yamaha Mio J secara keseluruhan dapat dilihat pada bodi belakang, spack board, leg shield dan head lamp.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, berikut saya hadirkan gambar Yamaha Mio J berikut jenis dan variannya. (klik gambar untuk memperbesar)
Add Image Yamaha Writing Competition
Yamaha Mio J

Add Image Yamaha Writing Competition
Yamaha Mio J Teen


Yamaha Mio J Family dan Mio J Teen.

Yamaha menciptakan Mio J Family untuk kalangan umum, Mio J Family berkarakter dynamic, sporty, elegan dan simpel. Ada lima varian dengan warna putih, hijau, biru, hitam dan merah. Sedangkan Mio J Teen sangat cocok buat anak-anak muda yang ingin tampil gaya, sporty dan dinamis. Uniknya Mio J Teen didesain berdasarkan 3-tone color combination. Ada tiga warna dasar berbeda dalam satu produk itu, yang dapat dilihat pada cover depan dan cover head lamp ; spack board depan, cover sayap samping dan cover body belakang ; cover body bagian bawah.

Aplikasi tiga warna dasar berbeda pada bagian-bagian motor tersebut nyata tampak pada lima varian Mio J Teen. Varian pertama yang menjadi hero bike berwarna dasar hitam - putih - merah. Yang lainnya berwarna hitam – hijau – abu-abu muda ; putih – biru – abu-abu muda ; putih – hitam – abu-abu muda ; putih – merah – abu-abu muda.Untuk harga on the road Jakarta, Mio J-FI dibanderol seharga Rp 11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp 12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp 12.930.000. ( Yamaha News).

Uji coba ketangguhan Yamaha Mio J Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah telah dibuktikan secara masal dalam turing menempuh wilayah selatan dengan rute Jogjakarta sampai Bandung pada 23 – 26 Februari 2012 yang melibatkan 30 wartawan, 10 anak klub motor Yamaha dan didampingi petinggi Yamaha Indonesia, turing ini semakin membuktikan It’s Magic Mio J.

Sebanyak 22 unit Yamaha Mio J digunakan dalam turing ini. Rute pertama mengambil area Jogjakarta sampai Purwokerto dan rute kedua dari Purwokerto sampai Bandung. Jarak Jogjakarta ke Bandung lewat jalur turing ini kurang lebih 500 km dengan estimasi waktu tempuh mencapai 8 hingga 9 jam. Treknya berkelok-kelok, curam dan berbukit.

Pelepasan peserta touring Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah Yamaha Mio J dimulai dari Kedaung (Yogyakarta), 24 Februari 2012. Lalu menuju Wirobrajan, Kebumen dan Purwokerto. Rute pertama ini berjarak kurang lebih 200 km dengan jarak/waktu = 80 km/jam dan total diprakirakan memakan waktu 180 menit. Rute kedua dari Purwokerto ke Bandung memakan waktu lebih banyak selama 360 menit (300 km ; 70 km/jam). Wilayah yang ditempuh di rute kedua ini start dari Purwokerto – Cilacap – Majenang – Banjar – Ciamis – Tasikmalaya – Kabupaten Garut – Kota Bandung.

Di pintu gerbang memasuki Kota Bandung yaitu gerbang Rancaekek, diadakan penyambutan peserta turing oleh 25 anggota Mio Club Bandung yang lantas bergabung menuju Dago Plaza. Penyambutan peserta itu diprakarsai Dealer Jaya Perkasa Motor Rancaekek, Bandung. Diler baru ini menjadi tulang punggung penjualan Yamaha di gerbang Kota Bandung lantaran lokasi yang strategis dan tingginya permintaan konsumen. Perhentian terakhir rangkaian event touring ini di Dago Plaza, Bandung, kemudian menuju Gasibu untuk proses launching resmi Yamaha Mio J. Konsumsi bahan bakar 1 liter mencapai jarak maksimal 70 km dalam touring itu ( Yamaha news ).

Yamaha Siapkan Spare Part Khusus Mio J, Harga Lebih Murah.

Hadirnya Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah Yamaha Mio J juga disertakan dengan spare part produk teranyar Yamaha tersebut di pasar otomotif roda dua Indonesia. Yamaha telah menyiapkan spare part Yamaha Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI) part dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor.

Dengan adanya spare part khusus Yamaha Mio J Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah ini guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjaga performa motor. Spare part yang disiapkan adalah throttle body, fuel pump, injector dan Engine Control Unit (ECU). Fungsi masing-masing spare part itu bisa dijelaskan secara singkat, throttle body sebagai tempat kontrol gas, fuel pump yaitu pompa bensin yang ada di dalam tangki untuk mendistribusikan bensin ke injektor, injector fungsinya sebagai alat yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar dan ECU yang mengontrol semua part secara otomatis. Harga spare part tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut : throttle body (Rp 420.000) ; fuel pump (Rp 430.000) ; injector (Rp 115.000) ; ECU (Rp 525.000).

Yang teranyar dari spare part yang diciptakan Yamaha untuk kebutuhan motor injeksi termasuk buat V-Ixion dan Mio J Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah adalah Carbon Cleaner. Carbon Cleaner adalah cairan untuk membersihkan sisa pembakaran mesin. Carbon Cleaner membuat performa mesin lebih maksimal dengan formula khusus untuk membersihkan dan mengangkat lapisan karbon atau kerak sisa pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Satu botol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Selain Carbon Cleaner, Yamaha juga menyediakan Gear Oil dengan volume 140 ml sesuai kebutuhan Yamaha Mio J.

Spesifikasi Carbon CleanerVolume : 75 mlPart Number : 90793-AY803Contain : Poly Ether Amine (PEA)Caution : FlammableConsumption: 1 Bottle for 3,5 – 5 Liter GasolineFrequency : 3.000 KmRetail Price : Rp. 21.000,-
Spesifikasi Gear OilVolume : 140 mlPart Number : 90793-AJ813Kekentalan : 10W-40API Service : SGFrequency : 6.000 KmLabel : In Mold Label ( mencegah pemalsuan ) Color TravelingRetail Price : Rp. 12.000,- (Yamaha News)

Helm Yamaha Mio J Motor Matic Injeksi Irit. 

Seperti halnya Mio Fino yang memiliki helm khusus yang didesain Yamaha sesuai grafis pada motor Mio Fino, helm spesial Yamaha Mio J juga dibuat mengikuti grafis motornya. Helm Mio J dibagi dalam dua kelompok yang berwarna solid tanpa grafis seharga Rp 180.000 dan berwarna dasar putih dengan grafis seharga Rp 195.000.

Untuk helm Mio J berwarna solid tanpa grafis tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid. Sedangkan helm Mio J berwarna dasar putih dengan grafis juga memiliki tiga warna pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna biru), YB-A4 Pink Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna pink), YB-A4 Black Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna black). Grafis helm Mio J ini memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik. (Yamaha News)

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J....It's Magic. Yamaha Semakin di Depan..!!


37 komentar