SMP (Sekolah Menengah Pertama)

SMP (Sekolah Menengah Pertama) adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus sekolah dasar (atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004, sekolah ini pernah disebut Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Pelajar atau siswa didik ditingkat  SMP (Sekolah Menengah Pertama) umumnya berusia 13-15 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) (atau sederajat) 3 tahun.

SMP (Sekolah Menengah Pertama) diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan SMP di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, SMP (Sekolah Menengah Pertama) negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota.

Di beberapa negara, Sekolah Menengah Pertama (SMP)  berlaku sebagai jembatan antara sekolah dasar dengan Sekolah Menengah Atas. Namun istilah tersebut dapat dipergunakan secara berbeda di beberapa negara, kadang-kadang saling berbanding terbalik. Untuk negara-negara yang mempergunakan bahasa Cina, khususnya di Cina, Taiwan dan Hong Kong, juga di Italia (scuola media), SMP  berkonotasi yang sama dengan Secondary School.

Sekolah Menengah Pertama (SMP)  negeri di Indonesia umumnya menggunakan seragam putih biru untuk hari hari biasa, seragam coklat untuk pramuka/hari tertentu, dan pada sekolah-sekolah tertentu menggunakan seragam putih-putih untuk upacara bendera. Hmm...Dunia SMP memang penuh warna dan meninggalkan segenap kenangan indah, Lugu, Lucu, Malu adalah sikap dan perasaan yang tak pernah lepas mengisi bersamanya. Engkau yang  menjadi tunas² muda generasi bangsa belajar dan terus belajar asah kemampuanmu untuk membawa bangsamu menjadi lebih maju.Maju terus Dunia SMP.

Artikel ini merupakan partisipasi Gerakan SEO positif "Membersihkan Keyword SMP" yang diselenggarakan oleh Attayaya dan rekan² blogger Indonesia. Mari kita bersama² berpartisipasi untuk mendukung gerakan SEO positif ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap penyalah gunaan keyword SMP (Sekolah Menengah Pertama). Terimakasih, Sukses Buat Kita Semua!








80 komentar