Pengguna daya InDesign menghabiskan banyak waktu mendiskusikan cara membuat warna yang mereproduksi secara akurat dan konsisten. Tapi sebelum Anda membuat warna, Anda harus tahu warna apa yang harus dibuat. Kecuali jika Anda terbatas pada warna hitam dan putih atau panduan warna merek klien Anda, Anda perlu membuat palet warna untuk klien dan proyek baru. Jadi, dari mana Anda memulai?
"Ketika datang ke warna, banyak desainer - dan terutama klien - memandang aplikasinya sebagai proses dekoratif murni tanpa memikirkan apa yang mereka coba komunikasikan, bagaimana penggunaan warna berkaitan dengan produk atau layanan mereka, atau bagaimana hal itu akan mempengaruhi audiens target mereka, ”kata Hugh Enockson dari Enockson Design.
“Memang, ada beberapa 'dekorator' yang sangat berbakat yang memiliki kemampuan untuk memilih warna yang sesuai yang 'secara ajaib' cocok untuk pekerjaan yang sedang dikerjakan. Namun, saya pikir ini pengecualian, bukan aturannya. "
Pikirkan proses Anda sendiri - apakah Anda seorang dekorator atau komunikator dengan warna Anda? - dan kemudian lihat apakah Anda dapat menemukan inspirasi untuk membuat palet warna dengan hati-hati di sini.
1. Mulai dengan Preferensi Pribadi
Ketika Anda memulai dengan klien baru atau memulai proyek baru, pertama-tama cari tahu apa warna yang disukai dan ada dalam pikiran klien, merekomendasikan Eric Shropshire dari Creative Quadrant. "Warna sangat subyektif," kata Matt Bargell dari NORDEN41. "Beberapa orang membenci biru, jadi meskipun itu warna yang tepat untuk proyek tersebut, Anda mungkin tidak dapat menggunakannya."
"Ketika Anda mendengar‘ saya tidak suka warna itu, ’itu adalah reaksi emosional berdasarkan ingatan," kata Enockson. Bargell setuju bahwa logo, khususnya, harus dimulai dengan apa yang disukai dan diinginkan klien. Namun, ia mencatat, “Ini sesuai selera. Saya memilih 'scrub green' untuk perusahaan rekam medis, tetapi mereka suka pink dan kami menggunakannya. "
Preferensi panduan warna biru sering dikembangkan selama masa kanak-kanak karena asosiasi positif, seperti kemeja favorit atau boneka binatang, warna semangat sekolah, bahkan makanan dan dekorasi kamar. Menurut sebuah survei oleh perusahaan pemasaran global Cheskin, MSI-ITM, dan CMCD Visual Symbols Library, orang Amerika menyukai biru dengan 42 persen kekalahan. Warna apa yang paling tidak mereka sukai?
Putih - tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda tidak berani menggunakan ruang putih untuk mengistirahatkan mata dalam desain Anda. Pria dan wanita lebih menyukai warna yang berbeda, jadi ingatlah itu ketika bekerja dengan klien. Kedua jenis kelamin suka biru dan hijau, sedangkan pria lebih suka hitam dan wanita suka ungu.
Preferensi warna juga berubah seiring bertambahnya usia, dengan preferensi untuk ungu meningkat dan hijau berkurang. Sementara itu, ketidaksukaan jeruk meningkat seiring bertambahnya usia.
Meskipun Anda tentu saja tidak perlu membatasi pekerjaan Anda ke warna favorit klien, Anda mungkin akan merasa lebih mudah untuk bekerja dengan mereka jika Anda setidaknya menghindari warna yang mereka benci.
2. Pertimbangkan Industri
"Jika klien Anda seorang vampir, logo mungkin akan berwarna merah," canda Bargell tentang ekspektasi warna. Desainer grafis di Colorado telah sibuk membuat logo untuk toko ganja medis dan rekreasi legal, dan sejauh ini mereka belum menyimpang dari warna hijau yang jelas.
"Anda memilih warna yang terkait dengan industri," kata Shropshire. "Biru sama dengan layanan. Hijau sama dengan obat-obatan. "Steve Gray dari NORDEN41 menambahkan," Anda akan gila untuk membuat mint hijau oatmeal kotak. Warna-warna hangat seperti oranye, merah marun, dan krem sama dengan makanan organik. ”(Gambar 1)
Meskipun tidak ada aturan yang keras dan cepat, warna tertentu cocok dengan industri tertentu — dan kombinasi warna itu bukan kebetulan. Cepat: apa warna logo IBM? Ya, Biru Besar menggunakan biru untuk menunjukkan kekuatan dan stabilitas. Perusahaan teknologi tinggi pada umumnya menyukai blues, seperti halnya perusahaan asuransi dan penyedia layanan kesehatan.
Merah membuat orang lapar, sehingga populer di industri makanan dan minuman. Perusahaan real estat dan perawatan hewan peliharaan menyukai jeruk dan cokelat hangat yang nyaman (Gambar 2). Anda melihat banyak warna hitam, cokelat, dan krem untuk profesi tradisional seperti manajer uang, pengacara, dan arsitek. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana di industri, lihat StockLayouts.com untuk ide.
3. Buat Getaran
Warna menciptakan getaran, apakah itu stabil dan dapat diandalkan, cepat dan gesit, terbuka dan ramah, energik dan berani, atau tenang dan percaya diri. "Sasaran merek harus mendorong pemilihan," kata Enockson. Kita semua tahu warna dasi listrik, kan? (Seandainya sudah lama sejak Anda melihat debat politik, itu merah.) Merah juga berarti gairah, bahaya, dan kegembiraan.
Kami mulai dengan merah, jadi mari kita lihat getaran dalam urutan "Roy G. Biv" - merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Panduan warna orange adalah warna yang menyenangkan dan menyenangkan. Hubungan dekatnya, kuning, juga ceria tetapi menawarkan sedikit peringatan, seperti lampu kuning. Hijau sama dengan pertumbuhan, bersama dengan pandangan alami dan sehat (Gambar 3).
4. Lіhаtlаh Trеn
Sеmеntаrа logo menuntut pemilihan wаrnа yang hаtі-hаtі уаng аkаn bеrtаhаn dalam ujian waktu, kаmраnуе аtаu grаfіk асаrа dapat mеnggunаkаn warna уаng lеbіh trendi. Bаrgеll merekomendasikan frаѕа-frаѕа Gооglіng ѕереrtі "wаrnа-wаrnа раnаѕ раdа tаhun 2014" untuk inspirasi tеrkіnі dаrі industri mode, fіlm, ѕеnі, dan muѕіk. Nаmun, ia menekankan bahwa penting untuk memperhatikan tren tanpa mеngаbаіkаn kеnуаtааn.
Trеn wаrnа dіреngаruhі оlеh ара уаng tеrjаdі di sekitar kіtа, apakah іtu dalam роlіtіk, mаѕуаrаkаt, оlаhrаgа, musik, аtаu tеknоlоgі. Mіѕаlnуа, dаlаm Pеrаng Dunіа II, mengenakan khaki mеnjаdі modis. Tаhun 1950-an yang optimis membawa warna-warna сеrаh, sedangkan tаhun 1960-an уаng penuh gеjоlаk mеmреrkеnаlkаn tie-dye. Hari ini, pengaruh іntеrnаѕіоnаl mеmрrоmоѕіkаn раlеt warna уаng lеbіh kауа.
Wаrnа Pantone tаhun 2013 adalah Emеrаld Green уаng kауа, dan wаrnа 2014 adalah Rаdіаnt Orсhіd уаng сеrаh. Banyak оrgаnіѕаѕі mеmреlаjаrі dаn mеmреrkіrаkаn tren warna, tеtарі Pаntоnе'ѕ Cоlоr Inѕtіtutе berada dі garis dераn, mеnсірtаkаn skenario ауаm-dаn-tеlur. Aраkаh wаrnа mеnjаdі
e populer karena Pаntоnе bilang аkаn bеgіtu?
Atаu араkаh wаrnа mulai mеnjаdі populer sebelum dіkеnаlі oleh Pantone? Aраkаh Andа mеnуukаі аtаu membenci wаrnа trendi, hаl уаng реntіng untuk dііngаt аdаlаh bаhwа wаrnа уаng Andа ріlіh harus melengkapi реѕаn Anda (Gambar 4 dаn 5).
0 komentar